Minggu, 07 November 2010

istilAH DALAM INTERNET

A. SURFING :
sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi.
Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.
Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat website pada address. Misalnya : www.detik.com, www.rotten. com, www.invir.com, www.puspendik.com, www.plasa.com, www.geocities.com, www.yahoo.com
B.AUDIO STREAMING
Istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.


C.Pengertian browsing menurut total.or.id adalah berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser, software untuk berselancar. Sedang di wikipedia berbahasa indonesia saya tak dapat menemukan pengertian istilah tersebut. Jadi saya coba mencarinya di yahoo! answer dan menemukan browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing. Atau dapat juga diartikan seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari istilah dll.

Jadi, browsing berbeda dengan download, chat, kirim email maupun ngeblog (istilah untuk ngeblog= blogging). Kata lain dari browsing adalah surfing. Mungkin itulah sebabnya mengapa di warnet-warnet selalu ditulis terpisah browsing, game, chatting, rental dll.
D.Pengertian Searching
Searching berarti pencarian suatu situs yang belum kita ketahui secara pasti alamat yang dimiliki. Dalam melakukan searching biasanya kita gunakan search engine sebagai mesin pembantu dalam pencarian situs tersebut.
Search engine adalah sebuah fasilitas (web) yang bisa mencari links dari situs lain. Ada berbagai macam search engine yang bisa kita gunakan dalam searcing, yaitu ; yahoo, google, altavista, lycos, astaga, msn, dan lain sebagainya. Disini akan dijelaskan bagaimana cara searcing melalui beberapa
search engine yang pada umumnya dipakai yaitu dengan menggunakan google dan yahoo.


E.www (World Wide Web)
Layanan WWW merupakan layanan internet yang paling dikenal. dengan layanan ini Anda bisa menikmati berbagai situs web di dunia. Layanan ini disediakan oleh protokol yang dinamakan HTTP (HyperText Transfer Protocol)
F.Email (electronik mail)
Layanan email merupakan layanan yang memungkinan Anda mengirimkan surat elektronik melalui internet. Layanan ini ditangani oleh SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
G.IRC (Internet Relay Chat)
IRC anda gunakan ketika melakukan chatting lewat Internet. Dengan IRC Anda bisa bercakap-cakap dengan teman Anda yang berada di tempat yang jauh
H.FTP (File Transfer Protocol)
Melalui FTP, Anda bisa mengirimkan file-file Anda ke komputer yang sangat juh lewat Internet. Anda bisa juga mengambil file-file dari komputer yang jauh tersebut
SUMBER ; TRYLOGY. COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar